Cara Raup Keuntungan dari Blog, ala Tiga Blogger Sukses



Situs-situs Australia menerima 3,6 miliar dollar (Rp 39 triliun) dari pengiklan selama tahun finansial lalu.
Pembelanjaan online mencapai 1,883 miliar dollar untuk enam bulan pertama tahun 2013, mengalahkan 1,805 miliar dollar pembelanjaan untuk televisi.
Angka ini dikumpulkan oleh perusahaan PriceWaterhouseCoopers untuk biro Interactive Advertising.
Para penulis weblog, atau bloggers, tengah berusaha mengambil keuntungan dari meningkatnya pembelanjaan tersebut, dan menemukan cara-cara baru menghasilkan uang dari situs mereka.
Saat ini, blogger Gala Darling, Shauna Haider dan Kat Williams, yang tinggal di Amerika Serikat dan Inggris Raya, tengah berada di Melbourne untuk mengajari bagaimana mengambil keuntungan dari tren ini.
Ketiganya mengadakan forum dua hari untuk melatih blogger perempuan tentang bagaimana cara menjadikan situs blog sebagai sumber penghasilan seperti halnya situs blog mereka. Acara ini merupakan bagian dari tur keliling dunia mereka.
Williams berkata bahwa kebanyakan penghasilannya berhasil dari iklan yang dipasang di situs blog pernikahannya.
Haider menggunakan situs blognya sebagai panggung untuk mendapatkan proyek desain grafis.
“Hampir tidak sengaja, blog saya menjadi bisnis, karena orang melihat karya desain saya dan karya yang saya buat untuk teman-teman, dan mereka mulai mempekerjakan saya untuk mendesain bagi mereka juga,” jelasnya.
Darling membuat blognya menjadi sebuah situs fesyen saat Ia tinggal di Melbourne tahun 2006. Namun, menurut perempuan asal Selandia Baru ini, situs tersebut baru mulai maju saat Ia pindah ke New York 18 bulan kemudian.
Darling mengatakan bahwa ada cara lain untuk mendapatkan uang dari menjalankan situs blog selain melalui iklan.
“Ada jutaan cara saya menghasilkan uang melalui situs blog saya, tapi kebanyakan adalah melalui produk-produk digital, menulis buku dan sebagainya,” jelasnya.
Para penulis blog menyatakan bahwa memang ada kemungkinan menghasilkan uang banyak dari menjalankan situs blog, namun itu hanya berlaku bagi para blogger yang bisa membuat situsnya terlihat unik diantara begitu banyak konten yang ada di internet.
Meskipun Haider bekerja sebagai desainer, kunci sukses bukanlah terletak pada layout atau tampilan blog.
“Konten lah yang menjadi alasan orang kembali mengunjungi blog anda,” jelasnya.