Inilah 8 Event Blogger Tingkat Internasional, Sudah Tahukah Anda?


Dunia #blogging saat ini memang tak bisa lagi dianggap remeh. Blogging atau aktivitas mengelola blog telah menjadi sebuah kegiatan yang mampu mencapai eksistensi dan prestise yang tinggi. Blogger sebagai pihak atau orang-orang yang berkecimpung di bidang ini tentu akan memiliki kredibilitas tersendiri saat profesinya ini diakui dan memiliki kekuatan tersendiri.
Aktivitas mengelola blog saat ini memang merupakan kegiatan yang sangat potensial untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Dengan keseriusan dan profesionalisme, seseorang bisa saja mencapai kesuksesan yang gemilang dari aktivitasnya mengelola blog. Ya, dengan teknik monetisasi blog yang kita kelola akan mampu mencapai kesuksesan tersebut.

Perkembangan Penyelenggaraan Event Blogger

Seiring dengan eksistensi blogger yang makin menguat ini, kemudian muncul event-event khusus bagi para blogger yang diadakan pada periode terentu. Agenda dengan berbagai acara didalamnya ini memang dikhususkan bagi para #blogger untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman seputar dunia blogging. Di Indonesia sendiri setidaknya ada tiga event rutin tahunan yang bisa diikuti oleh para blogger Indonesia. Ketiga event tersebut adalah Pesta Blogger, Indonesia BootCamp dan WordCamp Indonesia. Namun sayangnya event-event khusus untuk para blogger Indonesia masih amat sangat terbatas.
Jika menengok ke luar negeri, event khusus yang diadakan untuk para blogger ini sangat banyak dan meriah. Di luar negeri, terutama di Amerika Serikat, nyaris setiap tahun diadakan berbagai macam event yang memanjakan para blogger.
Perbedaan event blogger di tanah air dan di luar negeri ini memang tak bisa dielakkan karena di luar negeri blogging telah menjadi sebuah industri besar yang melibatkan dan menghidupi jutaan orang. Bahkan saking potensialnya, industri blogging di sana sudah bisa dipadankan dengan industri besar lain seperti musik, film atau bahkan olahraga.
Industri blogging di luar negeri ini sangat kuat karena banyak investor dan perusahaan-perusahaan besar menanamkan modalnya disana. Maka dari itu tidak mengherankan jika profesi blogger di luar negeri menjadi sebuah pekerjaan yang membanggakan. Lalu apa saja event-event blogger yang ada secara keseluruhan ini? Berikut ulasannya.

1. Social Media Success Summit

Event pertama bagi para blogger adalah Social Media Success Summit. Meski bertema #media sosial, namun para blogger juga diundang dan dilibatkan secara penting pada acara ini. Social media Success Summit adalah sebuah konferensi online yang khusus diadakan untuk membantu para praktisi bisnis online dan blogger dalam memanfaatkan social media secara efektif dan maksimal bagi masing-masing perannya.

2. Internet Marketing Conference (IMC)

Internet marketing Conference merupakan pertemuan tahunan yang dipusatkan di Stockholm, Swedia, dengan fokus affiliate marketing, Google Adwords dan media sosial. Dalam acara ini para blogger juga mengambil peran yang besar dalam penyelenggaraannya.

3. Search Marketing Expo (SMX) Advanced

Event Search marketing Expo (SMX) Advance merupakan konferensi SEO tahunan untuk para profesional SEO yang diadakan di Seattle, Amerika Serikat. Karena SEO ini juga sangat berkaitan dengan blog maka acara ini juga banyak banyak dihadiri oleh para blogger profesional.

4. Blogging While Brown

Pertemuan atau event blogger di Amerika Serikat berikutnya adalah Blogging While Brown. Event Blogging While Brown ini adalah kegiatan khusus bagi para blogger yang diadakan di Chicago, Amerika Serikat, untuk mendiskusikan #teknologi blogging terkini dan isu-isu yang berkaitan dengan dunia blogosfer.

5. BlogHer

Bagi para blogger wanita, event Blogher bisa dijadikan ajang membangun jaringan dan membuka peluang bisnis. Pertemuan yang mempertemuakan blogger-blogger wanita ini diadakan di Chicago, Amerika Serikat.

6. Affiliate Summit

Sesuai dengan namanya, event Affiliate Summit di New York, Amerika Serikat ini akan membahas dunia pemasaran affiliasi termasuk trend-trend terbaru dan dialog bersama pakar-pakar affilliate marketing dunia.

7. Blog World and New Media Expo

Event blogger terbesar ini diadakan setiap tahun di Las Vegas, Amerika Serikat. Pada event Blog World and New Media Expo ini akan diisi dengan 50 seminar, panel diskusi dan dialog bersama praktisi bisnis online dan blogger-blogger terkemuka dunia.

8. Web 2.0 Summit

Terakhir, event blogger yang ada adalah Web 2.0 Summit yang diadakan di San Francisco, Amerika Serikat. Acara yang dihadiri oleh para pakar #internet marketing dan industri internet serta blogger ini akan membahas tentang masa depan Web 2.0.