Cara Login ke VPS dengan Putty

Bagi sobat yang baru pertama kali menyewa VPS tentunya masih kebingungan cara login ke Server. Dibawah ini adalah langkah-langkah login ke server (VPS).
    1. Download Putty di http://the.earth.li/~sgtatham/putty/latest/x86/putty.exe
    2. Jalankan Putty (tidak perlu installasi)
    3. Isikan IP Server pada bagian Host Name, port tidak usah dirubah tetap 22.

  1. Klik Open, sebuah screen berwarna hitam (atau disebut console) akan segera muncul
  2. Jika muncul peringatan (security warning) klik “Yes”
  3. Login as: isikan root. Root (dengan lower case/huruf kecil semua) adalah user dengan kekuatan mahadewa pada sebuah server Linux. Hanya root lah yang bisa membuat user, menghapus, install aplikasi dan melakukan konfigurasi. Hati-hatilah jangan sampai password root bocor karena server anda 100% akan dibajak orang dan pembajak bisa menghapus seisi server dalam waktu singkat.
  4. Ketika diminta isi password, silahkan copy teks password server yang anda simpan (select > klik kanan > copy) kemudian klik kanan sekali pada area screen Putty. Perhatikan baik-baik cara ini!!! Setelah teks password ter-copy, bawa kursor ke dalam area layar hitam dan KLIK KANAN SEKALI. Password tidak akan muncul di screen tetapi sebenarnya password sudah paste disitu. Selanjutnya tekan enter.
  5. Setelah berhasil login anda akan mendapati prompt berupa root@hostname ~# yang artinya server sudah siap menerima perintah yang ingin anda jalankan.
Semoga bermanfaat :D

Kangismet.net