Lebih Bagusan Dota 2 Atau League Of Legends??

Bagusan DOTA 2 Atau League Of Legends?? - League of Legends (atau bisa disingkat menjadi LoL) merupakan sebuah game MOBA yang sudah sangat terkenal. Namun tentunya ada pesaing dari si LoL ini, yaitu Dota 2 (mungkin).


Di Indonesia ini banyak sekali masyarakatnya yang rata-rata gamers memiliki akun Dota 2 (atau Steam) semua, dan juga rutin memainkan game MOBA epic yang bernama Dota 2. Memang saat saya mencoba Dota 2 pertama kali sangat seru, adanya hero-hero yang keren membuat demen untuk memainkannya lagi. Apalagi bila tower yang di hancurkan itu kita sendiri yang menghancurkannya, udah dapet XP, Gold, dan lain-lain.

Bila kamu dulunya merupakan player Frozen Throne, atau Warcraft 3, pasti sudah tidak asing lagi saat bermain game MOBA Dota 2 dan juga LoL.

 BAHAS TENTANG DOTA 2

Dota 2 ini di rilis pada tahun 2013. Tepatnya pada tanggal 9 Juli tahun 2013. Pengembang atau developer dari game Dota 2 ini adalah Valve Corporation (Suatu perusahaan yang juga mengembangkan Steam). Kepopuleran Dota 2 ini sangat cepat setelah Valve Corporation mengadakan sebuah pertandingan atau lomba internasional game Dota 2.

Dan bagi kamu yang nonton film "Free to Play" tentu tau pemenangnya siapa bukan? Kalau gak salah yang menang itu tim yang bernama Navi. Setelah film dan juga pertandingan internasional tersebut, tentunya kepopuleran Dota melaju sangat pesat. Ditambah dengan grafik yang memukau.
Platform yang bisa di gunakan untuk memainkan game Dota 2 ini ialah Linux, Windows, dan MacOS. Ada pun penghargaan yang pernah di raih oleh game Dota 2 ini, yaitu Penghargaan Video Game BAFTA untuk Multiplayer (Sumber : WikiPedia).

Game ini bisa kamu dapatkan secara gratis di Steam, namun size atau ukuran dari game ini lumayan besar, yaitu kisaran 6 GB sampai 7 GB lebih. Jadi saya himbau bagi kamu yang pengguna kuota, sebaiknya pakai kuota malam yang biasanya lebih besar.
Bila kamu ingin memainkan game ini, maka kamu harus memiliki spesifikasi komputer (minimumnya), yaitu : 

OS: Windows 7 
Processor: Dual core from Intel or AMD at 2.8 GHz 
Memory: 4 GB RAM 
Graphics: nVidia GeForce 8600/9600GT, ATI/AMD Radeon HD2600/3600 
DirectX: Version 9.0c 
Network: Broadband Internet connection 
Storage: 8 GB available space 
Sound Card: DirectX Compatible

Game ini memang agak berat, jadi saran saya saat memainkan game ini usahakan spesifikasi laptop atau komputer memadai, karena bila tidak ya tentu game ini bakal ngelag bahkan parahnya lagi gak bisa di mainkan. Itu terjadi pada saya waktu kemarin. Saya pensiunan Dota 2 sudah 2 atau 3 bulanan karena laptop saya di jual. Kemudian saya di pinjamkan oleh saudara saya sebuah notebook yang spesifikasinya low-end.
Kemudian saya coba download Dota 2 di Steam, kemudian klik Play, dan BOOM, Dota 2 yang saya play tersebut crash atau not responding, padahal masih di loading screen.

Tapi terlepas dari itu, game ini layak untuk kamu mainkan. Kenapa? Karena pertama game ini memiliki player di seluruh dunia yang tentunya bejibun. Kedua, game ini memiliki grafik yang bagus. Ketiga, game Dota 2 ini mempunyai banyak "kreatif" sehingga kita bisa betah memainkan game Dota 2 ini.
Bahasa yang ada di game Dota 2 ini ada sekitar 26 lebih. Namun akan saya sebutkan 5 saja. Bahasa tersebut diantaranya adalah English (Full Audio serta interface), Bulgarian, Danish, Dutch, dan Czech.
Official Web : http://www.dota2.com/

BAHAS TENTANG LEAGUE OF LEGENDS

Oke sekarang kita akan bahas tentang game sejuta umat yaitu League of Legends. Game LoL ini merupakan game yang di terbitkan atau di publisher oleh Garena. Garena sendiri di buat pada tahun 2009 oleh Forrest Li, di Singapura. Tapi sekarang Garena sudah menjamur di Indonesia.

Nah ada 4 game yang sudah di terbitkan oleh Garena Indonesia, yaitu HoN, PB, Fifa Online 3, dan tentunya League of Legends. Walau hanya 4 game yang di terbitkan, namun menurut saya Garena Indonesia ini sangat niat dalam mengembangkannya.

LoL ini di rilis atau di terbitkan pada tanggal 27 Oktober tahun 2009. Pembuat game ini diantaranya adalah Steve Feak, Christina Norman, Colt 'Ezreal' Hallam, Tom Cadwell, Rob Garrett. Sementara itu platform yang bisa di gunakan untuk memainkan game Dota 2 ini adalah Windows dan MacOS.
Sama seperti Dota 2, LoL ini juga adalah game Free to Play, yang artinya bisa kamu mainkan secara gratis.

Namun tentu tidak gratis sampai akar-akarnya. Ada berbagai item-item yang hanya bisa di beli atau di miliki menggunakan RP (Riot Point) dan RP itu sendiri hanya bisa di dapatkan dengan menukarkan Shell Garena. Sementara Shell Garena itu berbayar, berikut daftar harga Shell Garena Indonesia :
165 Shell : Rp. 50.000
330 Shell : Rp. 100.000
660 Shell : Rp. 200.000
990 Shell : Rp. 300.000
(Selengkapnya : http://pay.garena.co.id/)

Ada pun spesifikasi yang harus kamu miliki agar bisa menikmati game League of Legends ini, diantaranya adalah :

Prosesor : 2 GHZ Core 2 atau i3 / 2.2 GHZ Core i5 atau Core i7 / AMD 3500+ atau lebih cepat
RAM : 1 GB for Windows XP / 2 GB for Windows 7 and Vista
VGA : Shader Version 2.0 Capable Video Card
Support for DirectX version 9.0 or higher
Need Internet Connection

Nah walau memerlukan prosesor yang terbilang tinggi, namun saat saya mencoba bermain game LoL ini dengan prosesor AMD Dual-Core Processor C60 (Yang tentu sudah jadul) masih bisa atau bahkan lancar memainkan game LoL ini. sementara RAM notebook saya ini hanya 2 GB. VGAnya pun terbilang sudah cukup jadul, yaitu AMD Radeon HD 6920 Graphics (879 MB). Bahkan saat saya me-record atau merekam gampelay LoL ini, masih tetap lancar.

Kamu bisa mendapatkan game ini gratis di situs resmi Garena. Sizenya tidak terlalu besar, yaitu sekitar 4.6 GB. Namun bila kamu tidak punya kuota, tenang saja, kamu bisa memesan DVD LoL ini gratis tanpa di pungut biaya sepeserpun. Namun tentunya kau harus menunggu sekitar 5 hari untuk di luar Jabedetabek, dan 3 hari bila kamu berada di Jabodetabek.
Official Web : www.garena.co.id

KESIMPULAN DIATAS 

Di sini saya ambil kesimpulan bahwa, kedua game tersebut, yaitu LoL dan Dota 2 itu sama-sama keren, sama-sama mantap, dan sama-sama luar biasa. Namun tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan. Bila kamu memainkan game Dota 2 namun spek kamu rendah, ya tentu kamu harus bersedih karena kemungkinan besar kamu tidak bisa enjoy saat memainkan Dota 2. Jadi tentu kalau masih ingin menikmati bagaimana rasanya bermain game MOBA dengan performa yang normal atau mungkin high, kamu bisa coba memainkan LoL. Tapi menurut saya LoL juga ada kelemahannya, yaitu fiturnya tak sebanyak atau tak selengkap Dota 2.

But, di sini saya bukan fan boy, kedua game tersebut menurut saya keren kok. Kamu bisa bebas pilih yang mana. Namun di skema ini, Dota 2 kalah dengan LoL. Bahwa pemain LoL itu lebih banyak dari pada Dota 2 (Jangan marah, ini cuman bait saya semata...)



 PENUTUP

Okay sekian untuk artikel ini, jika ada kesalahan mohon di koreksi. Terakhir, nama saya Moch Rizal Firdaus. And see you next time!