Selamat Tinggal Anonymous dan Name/URL

Selamat Tinggal Anonymous dan Name/URL - Beberapa minggu ini, blog saya kebanjiran spammer dan tukang obat. Dalam beberapa menit, lebih dari 10 komentar tukang obat dan spammer masuk blog saya. Dengan berat hati saya nyatakan selamat tinggal Anonymous dan Name/URL. Entah untuk sementara atau untuk selamanya.

Sebetulnya sudah beberapa lama pertimbangan ini saya lakukan, bahkan saya memikirkan beberapa opsi untuk mengurangi spammer dan tukang obat ini, diantaranya :
  1. Memasang Captcha, akantetapi pemasangan captcha ini akan menyulitkan komentator. Jujur saya kurang suka blog yang memasang captcha, walaupun meminimalisir spammer.
  2. Moderasi Komentar, menurut pengalaman pribadi, ketika saya bersemangat komentar, eh... dipending dulu melalui proses moderasi. Maleeees deh..!!!
  3. Menghilangkan Anonymous dan Name URL, inilah pilihan terakhir saya. Mungkin komentar sedikit banyak akan berkurang, karena dengan menyimpan link pada komentar akan mendapatkan backlink (katanya.. hehehe).

Alternatif terakhir, yang saya ambil yaitu menghilangkan Anonymous dan Name URL saya kira jalan yang terbaik, ada beberapa hal yang mendasar saya memilih alternatif ini, diantaranya:
  1. Apabila ingin benar-benar berkomentar, saya kira tidak harus menggunakan Name/URL. Buktinya banyak sahabat Blog Kang Ismet yang berkomentar menggunakan akun Google.
  2. Masih bisa mendapat backlink dari Blog ini dengan menggunakan OpenId, atau mungkin mendapat backlink dari Google+.
  3. Hampir 90% isi dari blog ini adalah tutorial untuk Blogger/Blogspot, yang note bene pengunjung blog ini sudah mempunyai akun google.

Itulah beberapa alasan, kenapa saya menutup Anonim dan Name URL pada blog ini. Bagaimana pendapat sahabat?