Wawancara dengan Priangga Otviapta, Blogger Berprestasi dari Indonesia



Siapa itu Priangga Otviapta?
Priangga Otviapta adalah pemilik blog www.priangga.web.id, seorang blogger yang menurut saya merupakan salah satu blogger yang cukup berprestasi dari Indonesia.
Saya sebut berprestasi karena Priangga Otviapta sudah mendapatkan banyak sekali penghargaan-penghargaan dari lomba-lomba blog yang diikutinya.
Sobat bisa melihat daftar penghargaan-penghargaan yang sudah pernah diraih oleh Priangga DI SINI.

Priangga Otviapta
Untuk mengenal lebih lanjut dengan Blogger bernama Priangga Otviapta ini, silakan disimak hasil wawancara saya dengannya di bawah ini.

1. Darimana awalnya dan sejak kapan Mas Priangga mulai tertarik untuk ngeblog?

Sejak duduk di kelas 3 bangku SMK mas, kebetulan dulu guru MTK ku, pak Hario Pamungkas beliau suka buat-buat blog dan nulis gitu, jadi aku penasaran dan pengen juga bisa punya blog sendiri yang isinya pengalaman-pengalamanku sehari-hari, disini kemauan saya tinggi tapi tidak ada koneksi internet, jadi aku harus ke kota untuk belajar dasar-dasar ngeblog dan harus punya antena yagi 12 meteran untuk ngeblog kalau pas di desa. Tertariknya karena dulu pengen aja mas bisa punya seperti diary online yang bisa dibaca sama teman-teman yang lain.

2. Mas Priangga bisa dibilang lebih fokus ngeblog untuk mengikuti lomba-lomba blog. Bisa diceritakan alasannya kenapa?

Nah awal mula aku fokus lomba sekitar bulan February 2014 mas, disitu aku mulai deh cari teman-teman sedaerah. Nah aku mulai gabung deh di Komunitas Blogger Pontianak. Disitu aku sering ikut sharing2 dari mereka. Disitu ada yang main adsanse, jual beli domain, hosting, ikut lomba blog dll. Jadi aku tertarik deh dengan yang lomba blog itu. Gak tau kenapa sih, aku pengen aja dapat juara mas, soalnya di jaman smp dan smk aku termasuk orang yang pemalu dan tidak berprestasi dan suka ngabiskan uang orang tua buat ngegame online. Jadi mungkin di lomba aku bisa balas semua itu melalui dunia blogging, alhamdulilah kesampean mas bisa dapat juara hingga ngajak orang tua ke jawa pulang kampung dari hasil menang lomba.
Dan saya anggap fokus di lomba itu termasuk jarang-jarang orang yang ikut mas, karena terkadang sekarang mereka lebih ke adsense yang terlalu sulit sebenarnya untuk yang pemula seperti saya ini, tapi dari lomba sebenernya juga bisa ngasilin kok, walau gak perbulan menang dan dapatin hadiah uangnya tapi jika di kalkulasi dalam 1 tahun bisa lah sama dengan total gaji para pegawai negeri selama 1 tahun yang seharian kerja di kantoran.

3. Salah satu prestasi yang cukup luar biasa yang pernah diraih oleh Mas Priangga adalah menjadi juara satu lomba blog Speedy Instan dengan hadian Rp.10.000.000. Bagaimana perasannya dan boleh diceritakan perjalanan dari awal mengikuti lomba sampai bisa menjadi juara?

Wah kaget banget mas aku di saat itu. Soalnya sebelum itu aku udah 20an lomba yang diikuti gak pernah menang2, eh tiba-tiba malah menang di hadiah yang cukup besar begini. Disini awal saya mulai bisa percaya diri dan memantaskan diri sebagai juara mas.
Tapi sebelum aku mengikuti ini dan menjadi juara 1 di lomba itu aku sempat “meminta-minta” job ke grup komunitas yang aku bilang di atas tadi mas. Tujuanku pertama ya karena Uang, tapi selain itu aku pengen bisa nulis yang bener mas. Alhamdulilah aku dapat tuh job nya dari Andri Setiawan ( mungkin semua udah ga asing sama orang ini ). Aku dulu disuruh tiap hari nulis tiga artikel perhari, dengan jumlah kata di atas 300 kata/artikel dengan bayaran 300ribu/bulan, dan aku hanya mampu sebulan aja nerima job ini. Dari situlah saya mulai deh memperbaiki kata-kata dalam perlombaan saya dan belajar nulis yang menarik dengan bekal ilmu yang udah saya dapat selama dapat job dari om Andri Setiawan.
Tetapi yang menurut saya tulisan itu bagus ternyata banyak juga yang gak menang, sempat putus aja mas dulu karena nulis capek-capek gak pernah ngasilin apa-apa. Sampai-sampai aku diejek pacarku sendiri “online itu gak ada guna, ngabisin waktu aja” nah dari kata2-kata dia dan yang lainya aku mulai optimis lagi mas harus bisa. Karena kalau aku putus ngeblog toh capeknya sama dihinanya juga sama, jadi aku putuskan untuk lanjutkan kebiasaanku mengikuti semua lomba yang ada dan alhamdulilah bisa menang lomba yang dari Speedy, Nah dari sini aku mulai dapat filing untuk menangin lomba-lomba mas. Intinya aku disni ingin mematahkan anggapan tentang orang kalau yang aku lakukan itu gak sia-sia dan alhamdulilah sekarang dia dan mereka yang dulu melihat saya sebelah mata akhirnya mulai percaya dengan saya dan malah pada minta ajarin ngeblog juga.

4. Darimana biasanya Mas Priangga mencari informasi seputar lomba-lomba blog?

Biasa aku cari lomba dari blog-blog yang memang suka update info lomba, seperti di anekalomba.com, lombamoe.com dll, aku lupa dimana lagi hehehe tapi aku seringnya disitu sih. Tetapi ada juga dari blog teman yang sering ikut lomba nulis, nah blog mereka aku bookmark mas, biar aku tiap hari liat ada lomba yang mereka tulis gak, kalau ada aku langsung ikut. Dan dari group facebook blogger serta teman blogger di facebook.

5. Selain mengikuti lomba blog, adakah aktivitas lain yang mas lakukan sebagai seorang blogger?

Kalau saat ini masih aktif di kuliah mas untuk menyusun tugas akhir diplomaku, selain itu sambil belajar google adsanse sekarang.

6. Adakah tips-tips khusus yang mungkin bisa dibagikan ke pembaca blog mas sugeng agar bisa sukses memenangi lomba-lomba blog?

Intinya kalau dari aku tu sering ikut-ikut lomba, misal ada 10 lomba ikuti aja semua, jangan liat lawannya siapa, tapi ini tentang gimana kita bisa memantaskan diri jadi juara di mata juri mas, ini yang paling sulit kata aku, karena tiap lomba jurinya selalu berubah. Selain itu juga nulisnya ya sesuai standar bahasa Indonesia, ada pembuka, isi, penutup. Udah gitu jangan lupa perhatikan tulisan peserta lain, bikin lebih menarik dan unik tapi jangan meniru materi peserta lain dan gaya tulisannya. Mungkin itu aja sih tips dari aku mas selebihnya banyakin sedekah, berdoa, sholat dan prihatin dengan keadaan.

Penutup dari Mas Sugeng

Banyak sekali metode yang bisa kita gunakan untuk menghasilkan uang dari blog, bukan cuma dengan AdSense, Afiliasi, ataupaun jual produk, tapi bisa juga dengan mengikuti lomba-lomba blog seperti apa yang dilakukan oleh Priangga Otviapta.
Semua metode tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Tapi selama kita fokus dan yakin dengan apa yang kita lakukan, Insya Allah cepat atau lambat kita akan mendapatkan hasilnya.
Bagi yang ingin mengenal lebih jauh dengan Priangga Otviapta silakan bisa cek blognya di www.priangga.web.id.